Selamat HARI RAYA IDHUL FITRI 1 Syawal 1438 Hijriyah, SELAMAT DATANG PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2017/2018! ,TEMUKAN INFORMASI MENARIK DI SINI : TOMBOL FACEBOOK , SOAL ON LINE LATIHAN UJIAN NASIONAL 2011/2012, ada juga PRESENTASI MATERI FISIKA SMA/MA, SILABUS & RPP FISIKA, Paket LATIHAN SOAL UN, Artikel, TV ON LINE, dan lain-lain. TERIMA KASIH atas kunjungannya, salam kenal dari INDAKA

Wednesday 24 May 2017

UNBK DI MAN PEMALANG

Rizky-catatanku.---Ujian Nasional Berbasis Komputer atau disingkat UNBK merupakan hal yang baru bagi peserta didik Madrasah Aliyah Negeri Pemalang di tahun 2017. Tahun lalu tepatnya tahun 2016 merupakan ujian nasional terakhir bagi peserta didik MAN Pemalang menggunakan sistem ujian tulis atau sering dikatakan Ujian Nasional berbasis kertas / PBT (Paper Based Test). Ada beberapa hal yang patut dicermati dalam pelaksanaan Ujian Nasional berbasis komputer (Computer Based Test/ CBT) yakni perangkat komputer, server, tenaga proktor, tenaga teknisi dan lain - lain.

Booming era modern semua serba cepat, serba mudah, dan praktis menuntut adanya perubahan total terkait pelaksanaan evaluasi peserta didik setelah mereka menempuh belajar selama kurang lebih tiga tahun di bangku madrasah. Adanya layanan gratis dalam dunia pendidikan seperti melalui internet memudahkan para tenaga pendidik lebih di mudahkan dalam hal pengajaran. Semisal memberikan tugas atau ulangan kepada peserta didik dengan melalui internet secara on line maupun ofline.

Layanan tersebut misalnya : www.schoolquipper.com , edmodo, dan sebagainya. Berbicara tentang UNBK di kabupaten Pemalang tahun 2017 sudah 100% melaksanakan meskipun ada madrasah atau sekolah yang menginduk di madrasah/ sekolah lain dalam pelaksanaannya terkait belum memiliki fasilitas komputer yang memadai.



Madrasah Aliyah Negeri Pemalang menyediakan tiga ruang komputer untuk pelaksanaan UNBK. Sebanyak 300 peserta didik yang mengikuti UNBK dibagi menjadi 3 (tiga) sesi yakni sesi pertama jam 07.30 - 09.30 WIB, sesi kedua jam 10.30 - 12.30 WIB dan sesi ketiga jam 14.00 - 16.00 WIB. Di dalam satu ruang masing- masing komputer client (siswa) terhubung secara langsung melalui kabel LAN ke sebuah server yang berada di depan ruang komputer tersebut.

Sistim pengawasan dilakukan oleh dua orang pengawas di dalam satu ruang ujian. Setiap pergantian hari selalu diawasi oleh pengawas yang berbeda dari sekolah lain. Sehingga jika seorang pengawas bertugas pada hari senin maka yang bersangkutan bertugas dari jam 07.00 sampai jam 16.00 WIB, selanjutnya hari berikutnya diawasi oleh pengawas lain.

Perbedaan UNBK dengan UN adalah jika dalam UN satu hari ada 2 mata pelajaran yang diujikan tetapi UNBK satu hari hanya ada 1 mata pelajaran yang diujikan yakni Hari Senin (10 April 2017) mata pelajaran Bahasa Indonesia, Hari Selasa (11 April 2017) mata pelajaran Matematika, Hari Rabu (12 April 2017) mata pelajaran Bahasa Inggris, dan Hari Kamis (13 April 2017) mata pelajaran Pilihan Sesuai Jurusan. Yang dimaksud mata pelajaran pilihan sesuai jurusan adalah bahwa seorang peserta jurusan MIA (Matematika dan Ilmu- ilmu Alam) maka sebelum ujian harus telah memilih satu mata pelajaran saja yang akan dia tempuh, misalnya : Fisika.

Begitu juga peserta didik jurusan IIS (Ilmu- ilmu Sosial) maka harus memilih satu mata pelajaran saja misalnya Sosiologi. Sehingga sebelum ujian siswa dalam mengikuti pengayaan (les) sudah dikondisikan menerima mata pelajaran Pilihan Sesuai Jurusannya. Dampaknya pada saat pengayaan (les) muncul kelas Fisika, kelas Biologi, kelas Kimia untuk jurusan MIA. Sedangkan untuk jurusan IIS muncul kelas Sosiologi, kelas Geografi serta untuk jurusan Agama muncul kelas Tafsir

Sekolah/ madrasah tingkat SMA/MA Pelaksana UNBK di Jawa Tengah sebanyak 9652, tingkat SMK sebanyak 9829, sedangkan di tingkat SMP/ MTs sebanyak 11096 sekolah/madrasah. Kabupaten Pemalang sebanyak 78,95 % sekolah/madrasah pelaksana UNBK dan sebanyak 21,05 % bergabung dengan sekolah/madrasah lain.

Berikut data statistik sekolah/ madarasah pelaksana UNBK menurut sumber https://ubk.kemdikbud.go.id/
Demikian info seputar UNBK di MAN Pemalang. Terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga bermanfaat.
========================================================================
sumber : dari berbagai sumber, MAN Pemalang
penulis : admin
sumber web : www.rizky-catatanku.blogspot.com
========================================================================

Ruang DISKUSI SOBAT : (gunakan secara bijak, thank's)


.

KOMENTAR Anda di BlogDetik :

KOMENTAR Anda di YM ( YAHOO MESSENGER )

KOMENTAR ANDA

IKLAN 1

PASANG IKLAN 1

BLOGGER INDONESIA

CATATANKU ( indaka ) SEDANG Belajar RADIO On Line

PENGUNJUNG BERBAGAI NEGARA SEJAK 4 FEBRUARI 2012

free counters

LINK RIZKY-CATATANKU yang lain

LINK SAYA SILAHKAN COPY PASTE