Selamat HARI RAYA IDHUL FITRI 1 Syawal 1438 Hijriyah, SELAMAT DATANG PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2017/2018! ,TEMUKAN INFORMASI MENARIK DI SINI : TOMBOL FACEBOOK , SOAL ON LINE LATIHAN UJIAN NASIONAL 2011/2012, ada juga PRESENTASI MATERI FISIKA SMA/MA, SILABUS & RPP FISIKA, Paket LATIHAN SOAL UN, Artikel, TV ON LINE, dan lain-lain. TERIMA KASIH atas kunjungannya, salam kenal dari INDAKA

Saturday 17 June 2017

PPDB MADRASAH ALIYAH NEGERI PEMALANG T.P 2017/2018

Rizky-catatanku---Madrasah Aliyah Negeri Pemalang (MAN Pemalang) pada tahun 2017 ini telah membuka pendaftaran peserta didik baru tahun pelajaran 2017/2018. Waktu pendaftaran telah diselenggarakan pada minggu lalu yaitu mulai hari Senin 12 Juni sampai Rabu 14 Juni 2017. 

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya bahwa MAN Pemalang menerima calon peserta didik baru sebanyak 360 anak dibagi dalam 9 rombongan belajar (rombel). Pada hari pertama pendaftaran Senin 12 Juni 2017 telah tercatat sebanyak 490 pendaftar yang berasal dari MTs dan SMP baik negeri maupun swasta. 

Kemudian pada hari kedua Selasa 13 Juni 2017 telah tercatat sebanyak 595 pendaftar. Sampai dengan hari terakhir pendaftaran Rabu 14 Juni 2017 telah tercatat total sebanyak 690 pendaftar dengan rincian 420 pendaftar berasal dari SMP dan 270 pendaftar berasal dari MTs. 

Untuk pendaftar berasal dari SMP laki-laki sebanyak 163 anak, dan perempuan 257 anak. Sementara itu pendaftar yang berasal dari MTs laki-laki berjumlah 89 anak, dan perempuan berjumlah 181 anak. Sehingga secara keseluruhan pendaftar laki-laki sebanyak 252 anak, dan pendaftar perempuan sebanyak 438 anak. Pengumuman hasil seleksi yang diterima dan tidak diterima akan diumumkan Insya Allah hari Senin 19 Juni 2017. Bagi yang diterima harus Daftar Ulang tanggal 20 - 21 Juni 2017 datang langsung di Kampus MAN Pemalang jalan Tentara Pelajar Nomor 12 Pemalang.


Alhamdulillah untuk Kabupaten Pemalang di saat sekolah negeri yang lain kekurangan peserta didik tetapi Madrasah Aliyah Negeri Pemalang kelebihan calon peserta didik. Mengapa demikian ? Sekolah - sekolah SLTA yang berstatus negeri pada tahun 2017 ini pertama kali menerapkan sistem pendaftaran on line. Di dalam sistem on line tersebut ternyata banyak faktor agar seorang calon peserta didik baru diterima di sebuah sekolah negeri. 

Di antara faktor butir penilaian seleksi pemeringkatan  seseorang anak yang diterima adalah score akhirnya merupakan gabungan dari beberapa point faktor yakni : nilai Ujian Nasional + nilai Prestasi + nilai Kemaslahatan. Apa yang dimaksud nilai kemaslahatan ? Misalnya seorang pendaftar yang orang tuanya bekerja sebagai pendidik (guru yang masih aktif) maka memiliki point 2. 

Faktor jarak tempat tinggal (rumah) juga ikut diperhatikan, misalnya seorang pendaftar yang rumahnya dekat dengan sekolah yang dipilih nilai nya lebih tinggi dari pada pendaftar yang jarak rumahnya jauh dari sekolah pilihan. Contoh pendaftar adalah anak dari seorang guru aktif tetapi mendaftar bukan di rayon (di daerahnya) maka nilai point 2 akan dikurangkan sehingga pointnya menjadi 1 saja.

Prosentase Rayonisasi menyebabkan sebuah sekolah negeri bisa kekurangan peserta didik. Contoh : daya tampung sekolah negeri Y jurusan MIPA sebanyak 180 anak, sedangkan jumlah pendaftar 250 anak. Pertanyaanya adalah apakah sekolah negeri Y tersebut telah terpenuhi kuotanya ? Jawaba nya belum tentu. Bisa saja karena belum memenuhi prosentase rayonisasi yang diterima hanya rangking 1 sampai rangking 154, sedangkan rangking 155 sampai 180 tidak diterima.

Secara logika seharusnya rangking 155 sampai rangking 180 diterima, mengapa tidak diterima ? Hal ini dikarenakan prosentase dalam kota dan luar kota belum terpenuhi, misalnya kuota dalam kota harus x persen, luar kota harus y persen. 

Kemudian akan muncul fenomena baru yakni TIDAK ada sekolah unggulan. Hal ini disebabkan proses pemeringkatan penerimaan peserta didik baru sistem on line tersebut melibatkan nilai kemaslahatan asal keluarga miskin dan bukan keluarga miskin. Calon pendaftar yang memiliki bukti berasal dari keluarga miskin memiliki score yang lebih tinggi dari pada calon pendaftar dari keluarga bukan miskin. Jika misalkan kita bandingkan antara pendaftar dari keluarga miskin dan pendaftar bukan keluarga miskin bernilai UN cukup, maka bisa terjadi Nilai Akhir pemeringkatan akan lebih tinggi pendaftar dari keluarga miskin.

Nilai Akhir yang dimiliki oleh seorang pendaftar jika memilih jurusan MIPA bisa saja akan berbeda Nilai Akhir jika memilih jurusan IPS. Bagi pendaftar yang memilih jurusan MIPA maka mata pelajaran Matematika dan IPA akan dikalikan dua, sedangkan jika memilih jurusan IPS mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris akan dikalikan dua. 

Dampak dari prosentase rayonisasi dalam pendaftaran on line terebut, maka sekolah negeri (baca: SMA Negeri) yang kuotanya masih kekurangan akan membuka gelombang kedua mungkin secara off line (manual) atau mungkin on line, yakni pada hari berikutnya (Senin 19 Juni 2017). Catatan keras bagi pendaftar yang memalsukan surat keterangan keluarga miskin, maka akan ditindaklanjuti yaitu dengan membuat surat pernyataaan bermaterai. Ternyata sistem online yang diterapkan tidak semudah apa yang dipahami selama ini.

Demikian informasi seputar penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2017/2018. Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.

========================================================================
sumber : MAN Pemalang dan berbagai sumber
penulis : admin
diterbitkan : www.rizky-catatanku.blogspot.com
========================================================================

Ruang DISKUSI SOBAT : (gunakan secara bijak, thank's)


.

KOMENTAR Anda di BlogDetik :

KOMENTAR Anda di YM ( YAHOO MESSENGER )

KOMENTAR ANDA

IKLAN 1

PASANG IKLAN 1

BLOGGER INDONESIA

CATATANKU ( indaka ) SEDANG Belajar RADIO On Line

PENGUNJUNG BERBAGAI NEGARA SEJAK 4 FEBRUARI 2012

free counters

LINK RIZKY-CATATANKU yang lain

LINK SAYA SILAHKAN COPY PASTE